Laman

Artikel




1.kerja kapal pesiar
Perhatikan hal berikut untuk Kerja Kapal Pesiar
Kerja kapal pesiar merupakan salah satu impian banyak orang yang memang tidak susah dan tidak juga gampang untuk didapat. Bisa dibilang mudah karena pada kapal pesiar biasanya dijalankan oleh ratusan kru yang bersedia menangani kapal jika terjadi permasalahan, dan pastinya kru kapal ini memiliki kemampuan yang berbeda setiap tingkatan, dari yang melayani tamu hingga melayani permasalahan mesin.
Keuntungan bekerja di kapal pesiar
Untuk itulah kapal pesiar biasanya mencari banyak kru setiap tahunnya, karena umumnya kru yang diterima adalah kontrak, dan kru kapal ini yang terpilih biasanya belum memiliki kemampuan yang memenuhi, oleh karena itu pihak kapal pesiar biasanya akan mengadakan pelatihan kembali. Bekerja di kapal pesiar, apalagi kapal pesiar yang mewah tentunya membawa kebanggaan tersendiri, yang tidak bisa didapat dari pekerjaan lain, pekerjaan ini juga memiliki keuntungan lain, seperti Anda bisa melihat dunia, karena kapal pesiar pada umumnya akan menjelajah dari satu benua ke benua lain, sehingga Anda dapat melihat dunia dengan sudut pandang Anda, Anda juga bertemu dengan orang-orang dari seluruh dunia, tentunya selain bertemu Anda juga bisa berkenalan, hal ini sangat bagus untuk memperkaya koneksi yang Anda miliki. Terlebih lagi, kerja kapal pesiar biasanya digaji dengan nilai yang cukup fantastis per bulan atau per kontraknya, hal inilah yang membuat sebagian orang ingin sekali bekerja di kapal pesiar.
Perhatikan hal-hal berikut sebelum bekerja di kapal pesiar
Bekerja di kapal pesiar memang memiliki keuntungan yang sulit ditemui pada pekerjaan lainnya, namun Anda harus memperhatikan hal-hal berikut sebelum terjun langsung ke dunia kapal pesiar.
Anda harus meyakinkan diri Anda, jika bekerja di kapal pesiar memang niatan Anda dari awal, hal ini dikarenakan pekerjaan ini dilakukan dengan sistem kontrak, dan mengakibatkan Anda akan sedikit sekali bertemu dengan sanak saudara Anda, tentunya hal ini bisa diatasi dengan teknologi berkomunikasi yang tinggi saat ini, seperti penggunaan internet di atas kapal pesiar, penggunaan telepon genggam pun bisa menjadi solusi jika bisa melakukan roaming.
Mabuk laut juga menjadi salah satu ancaman bagi Anda yang ingin bekerja di kapal pesiar. Anda harus tahu batasan kesehatan diri Anda, karena nantinya ruangan tempat Anda tidur, biasanya berada di bawah kapal, dengan kamar yang sempit dan beberapa jendela, sehingga akan memudahkan Anda terkena mabuk laut yang ringan. Tentunya Anda tidak mau bekerja sambil menahan mabuk laut bukan ?
Setelah lolos, maka Anda akan menandatangani kontrak yang menempatkan Anda bekerja selama tujuh hari dalam seminggu, tentunya jam bekerja Anda tidak menentu setiap harinya. Lalu Anda juga akan mendapat jatah libur yang tidak menentu, tentunya hal ini menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum Anda terjun langsung ke dalam pekerjaan kapal pesiar.
Pahami Cara kerja kapal pesiar
Kapal pesiar adalah sebuah kapal besar yang melintasi berbagai benua, tentunya Anda diharuskan untuk mengetahui pekerjaan Anda nantinya, seperti Anda sebagai awak kapal, akan selalu berinteraksi dengan penumpang, baik itu di jam kerja ataupun di luar jam kerja, sehingga Anda harus menjaga baik manner Anda. Lalu pembagian ruangan tempat tidur Anda, biasanya sesuai dengan kapal pesiar tempat bekerja, ada yang mengharuskan dua orang atau lebih dalam satu kamar ataupun satu kamar sendiri. Pemahaman tentang cara kerja di kapal merupakan hal yang harus diketahui dalam kerja kapal pesiar.


2. lowongan kerja kapal pesiar
Kejar Lowongan Kerja Kapal Pesiar
Lowongan kerja kapal pesiar merupakan salah satu lowongan kerja yang sangat diminati belakangan ini. Bukan apa-apa, kerja di kapal super megah pastinya akan memberikan gaji yang sangat besar dibandingkan dengan pekerjaan lainnya, gaji ini pun tidak memakai mata uang rupiah, melainkan Euro ataupun dolar. Namun Anda harus waspada tentang lowongan yang Anda ikuti, apakah menipu atau kah tidak.
Anda yang ingin memulai karier di dunia kapal pesiar mungkin harus memperhatikan hal-hal berikut, agar lowongan kerja kapal pesiar yang diminati bisa lolos, dan langsung terjun ke dunia kapal pesiar.
Tips dalam mendapatkan pekerjaan di kapal pesiar
Hal yang pertama harus Anda lakukan jika ingin mendapatkan pekerjaan di kapal pesiar adalah membuat daftar lowongan kapal pesiar yang tersedia, Anda bisa mengunjungi website perusahaan kapal pesiar besar dan melihat adakah lowongan yang tersedia pada perusahaan tersebut, Anda juga bisa pergi ke agen-agen yang merekrut orang untuk bekerja di kapal pesiar. Tentunya Anda bisa memilih agen yang tersedia di kota Anda, ataupun memilih agen berdasarkan kapal pesiar yang bekerja sama dengan pihak agen tersebut. Jika Anda melamar kerja langsung tanpa melalui agen, Anda bisa membuat lamaran kerja ke banyak pihak sekaligus yang membutuhkan pekerja kontrak ataupun tetap.
Setelah Anda menetapkan perusahaan yang Anda akan lamar, hal selanjutnya adalah, Anda harus membuat CV dan surat lamaran kerja meyakinkan mungkin, sehingga ada kesempatan untuk Anda dalam bekerja di perusahaan kapal pesiar tersebut. Seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya, Anda bisa menghubungi agen, atau jasa penyaluran tenaga kerja, namun biasanya akan memungut biaya untuk bisa disambungkan dengan pihak perusahaan kapal pesiar.
Perhatikan agen penyalur pekerja kapal pesiar
Agen yang menjadi perantara Anda kepada pihak kapal pesiar harus Anda cek terlebih dahulu. Hal seperti mengecek keabsahan dan perizinan yang dipunya oleh pihak agen harus Anda lakukan, supaya bisa menjamin bahwa Anda tersalurkan kedalam pekerjaan yang tepat, dan bukan malah ditipu oleh pihak agen. Anda juga harus memperhatikan pihak agen jika terjadi pungutan biaya agar memperlancar Anda untuk bisa bekerja di kapal pesiar, karena pada dasarnya pihak kapal pesiar telah membayar sejumlah uang kepada pihak agen, oleh karena itu agen-agen yang meminta uang awal harus Anda perhatikan izinnya.
Lowongan yang dibuka di kapal pesiar
Untuk kapal pesiar sendiri biasanya digerakkan oleh ratusan awak kapal yang memang mempunyai jobdes masing-masing yang disesuaikan dengan kemampuannya, lowongan kerja kapal pesiar yang banyak tersedia antara lain :
Sebagai tim yang mengelola restoran pada kapal pesiar, lowongan yang dibuka biasanya menjadi waiter, asisten waiter, dan snack steward. Selain mengelola restoran, pada restoran di kapal pesiar sendiri akan ada dapur yang biasanya terdiri dari first cook, second cook, third cook, dan steward, atau lebih mudah disebut tukang bersih-bersih (dish washer – pot washer – garbage man – night cleaner). Lalu ada juga bar yang memang pasti ada di setiap kapal pesiar, biasanya ada lowongan sebagai bar waiter, bartender, hingga bar boy.

Housekeeping adalah kategori selanjutnya, dengan lowongan sebagai cabin steward, assistant cabin steward, pool attendant, daily cleaner, night cleaner, dan staff mess. Ada juga kategori pekerjaan yang mengurusi deck kapal, seperti officer, engineering, bosun, wiper, able boy, dan bermacam-macam posisi lain yang bisa didapat darilowongan kerja kapal pesiar.



3.kursus kapal pesiar
7 Tips Memilih Tempat Kursus Kapal Pesiar Tepercaya
Kursus kapal pesiar sudah menjamur di beberapa kota besar. Banyaknya peminat yang ingin bekerja di kapal pesiar itulah yang disinyalir menjadi ladang subur untuk mengembangkan usaha ini. Bahkan, salah satu syarat agar dapat diterima bekerja di kapal pesiar, seseorang harus mendapatkan sertifikat terlebih dahulu dari tempat kursus. Jelas, ini menjadi kesempatan emas bagi siapa pun untuk membuka bisnis di bidang ini. Saking banyaknya, terkadang kita tidak mengetahui tempat kursus mana yang benar-benar tepercaya atau hanya abal-abal saja. Nah, bagi Anda yang masih bingung, coba perhatikan hal-hal berikut saat akan mendaftar di salah satu tempat kursus.
1. Tempatnya Luas dan Nyaman
Pada umumnya, tempat kursus bonafid mempunyai tempat yang luas sehingga dapat menampung lebih banyak siswa. Hal tersebut membuktikan bahwa tempat ini sudah menghasilkan banyak lulusan. Selain itu, kenyamanan tempat kursus juga terjamin, sehingga siswa lebih bisa berkonsentrasi saat belajar dan pada akhirnya menjadi sumber daya manusia yang andal.
2. Peralatan Praktik yang Lengkap
Pada saat pelatihan, banyak peralatan praktik dibutuhkan. Hal ini untuk memberi gambaran mengenai pekerjaan yang sebenarnya di kapal pesiar. Sehingga, semakin lengkap peralatan praktik yang dimiliki sebuah tempat kursus, semakin baik tempat tersebut untuk dijadikan sebagai tempat latihan Anda. Dengan adanya peralatan praktik yang lengkap, berarti tempat kursus tersebut siap untuk membentuk siswa yang siap kerja.
3. Laboratorium Dapur yang Standar
Salah satu materi yang diajarkan di tempat kursus adalah menyediakan makanan. Oleh karena itu, adanya laboratorium dapaur yang standar dapat dijadikan kriteria bahwa tempat kursus tersebut cukup tepercaya. Sebab, dengan laboratorium dapur yang standar, siswa dapat lebih menikmati kegiatan belajarnya.
4. Laboratorium yang Memadai
Selain laboratorium dapur, sebuah tempat kursus juga harus memiliki laboratorium lain yang memadai. Dengan begitu, siswa dapat dilatih untuk siap bekerja. Laboratorium ini benar-benar dimanfaatkan untuk membentuk siswa agar lebih mumpuni di bidangnya, sehingga dapat bermanfaat bagi perusahaan di mana dia bekerja.
5. Ruang Laboratorium House Keeping yang Memiliki Standar Internasional
Satu lagi ruang laboratorium yang tidak boleh ketinggalan untuk dicek, yaitu ruang lab house keeping. Ruang lab yang mempunyai standar internasional tentu lebih tepercaya. Sebab, dengan begitu, siswa dapat belajar berbagai hal dengan standar internasional juga. Ini artinya, setelah lulus dari tempat kursus ini, mereka bisa bekerja di kapal pesiar mana saja, baik lokal maupun internasional.
6. Tenaga Pengajar yang Ahli di Bidangnya
Di mana pun tempat belajar, tentu mempunyai pengajar. Nah, hanya pengajar yang ahli di bidangnya sajalah yang mampu membentuk siswa yang juga akan ahli di bidang tersebut. Jadi, saat sebuah tempat kursus diajar oleh orang yang sangat mumpuni di salah satu bidang di kapal pesiar, berarti tempat tersebut sangat rekomended untuk Anda jadikan tempat untuk kursus.
7. Memiliki Alumni yang Berkualitas
Untuk membuktikan bahwa sebuah tempat kursus dapat dipercaya adalah dengan melihat alumni tempat tersebut. Jika banyak alumni yang berhasil bekerja di kapal pesiar dengan jabatan masing-masing dan mampu menghasilkan keuntungan bagi perusahaan mereka, maka sudah barang tentu tempat tersebut sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat untuk kursus.
Jadi, jangan asal memilih tempat kursus, ya. Terapkan ketujuh trik di atas untuk menilai tepercaya tidaknya sebuah tempat kursus kapal pesiar



4. pendidikan kapal pesiar
Menikmati Keuntungan dari Pendidikan Kapal Pesiar
Pendidikan merupakan hal yang paling penting terutama untuk menghadapi masa depan, termasuk jika berminat untuk menuntut ilmu atau pendidikan kapal pesiar. Pada dasarnya, pendidikan kapal pesiar tidak terlepas dari industri perhotelan dan juga wisatanya. Meskipun kedua industri tersebut berbeda secara opsional, akan tetapi kesamaan ada pada keduanya yaitu membutuhkan pekerja atau tenaga-tenaga yang terampil dengan memiliki basis perhotelan.
Karyawan yang tangguh, dinamis yang tentunya dengan tuntutan kemampuan atauskill serta pengetahuan atau knowledge yang memadai merupakan hal paling utama. Selain itu juga, mampu menghadapi dan juga menjawab tantangan dan tuntutan pekerjaan terutama dalam bidang pelayanan yang memiliki standar internasional ini.
Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia di bidang pelayaran
Indonesia memiliki segudang tenaga kerja yang memiliki potensi terutama dalam mengisi berbagai lowongan yang ada di industri ini. Namun, meskipun demikian, bentukan dan juga arahan masih sangat diperlukan terutama untuk membuat mereka memiliki kesiapan dalam mental, fisik, serta pengetahuan dan juga keterampilan yang lebih berkualitas.
Kebutuhan akan pendidikan dan juga latihan yang tepat adalah kunci agar sumber daya manusia di Indonesia khususnya dalam bidang industri ini agar dapat bersaing dan juga memenuhi kriteria untuk bekerja. Mengapa demikian, karena persyaratan yang dibutuhkan terbilang cukup rumit dan juga tentunya sangat ketat. Meskipun begitu, pelatihan dalam bidang pelayaran juga dapat dikatakan cukup singkat namun tepat dan juga terarah terutama untuk membantu para calon pekerja agar memiliki kemampuan dalam menghadapi tuntutan tersebut.
Banyak fasilitator maupun mitra yang bisa memberikan pelatihan dan juga pendidikan dalam bidang pelayaran ini. Baik dalam bidang bagian kuliner maupun pariwisata yang berkaitan dengan pelayaran secara internasional. Namun tentunya, memilih pendidikan tersebut tentunya harus mengambil lembaga pendidikan bidang pelayaran yang resmi sehingga akan lebih memberikan hasil yang terpercaya.
Program belajar dari pendidikan pelayaran
Mendapatkan pendidikan terutama di bidang pelayaran tentunya tidak akan terlepas dari teori dan juga praktik. Kedua hal tersebut tentunya dirancang untuk memenuhi tuntutan profesi yang ada pada industri ini. Mulai dari program hingga sistem pendidikan dan juga pelatihan untuk melahirkan pekerja yang profesional.
Dengan kata lain, pendidikan dari pelayaran yang memang diminati oleh mereka pada bidang tersebut lebih baik lagi jika memiliki ambisi serta antusiasme yang tinggi. Sehingga memiliki kepribadian yang dinamis dan juga siap dengan daya saing yang profesional. Maka dapat dipastikan jika bidang pelayaran yang memiliki kaitan dengan internasional sangat membutuhkan para pekerja seperti itu.
Adapun keuntungan dalam mengenyam pendidikan di bidang pelayaran ini nantinya bukan hanya memiliki skill atau kemampuan saat telah terjun ke dunia pekerjaan. Akan tetapi, banyak kesempatan yang dapat dikatakan sebagai keuntungan secara pribadi saat berada di pekerjaan ini. Yaitu, setiap awak dari kapal pesiar atau para pekerja di kapal pesiar dipersilahkan untuk turun ke kota bahkan juga negara di mana kapal tersebut sedang berlabuh. Hal ini tentunya akan memberikan kenikmatan tersendiri seperti halnya seorang penjelajah. Selain itu juga, mengasah kemampuan terutama dalam berbahasa Inggris jika turun di luar negeri, maupun mendapatkan pengalaman yang nantinya akan menjadi pembelajaran.

Umumnya, kapal pesiar akan berlayar dari satu hari hingga empat hari dalam seminggunya. Awal pemberangkatan dari pelabuhan induk, kapal akan berlayar selama kurang lebih dua hari berturut-turut. Itulah sekilas mengenai pendidikan kapal pesiar jika berminat untuk mengambilnya



5. lembaga pelatihan kapal pesiar
Mempersiapkan Diri Berlayar dan Bekerja di Kapal Pesiar
Bekerja di bagian pelayaran atau kapal pesiar saat ini mungkin bisa dikatakan sebagai pemilik minat paling besar khususnya di kalangan anak muda, sehingga banyak lembaga pelatihan kapal pesiar yang siap membantu. Bantuan dari lembaga ini umumnya merupakan pendidikan, baik mencakup secara teori maupun jugapraktiknya sehingga pelatihan-pelatihan tersebut menjadi bekal nantinya.
Bagi sebagian orang, bekerja di kapal pesiar mungkin menjadi sebuah impian dan juga dambaan, yang tak jarang juga menjadi suatu kebanggaan tersendiri khususnya untuk sebagian anak muda di Indonesia. Bukan hanya karena soal pengalaman berkeliling di berbagai tempat, tetapi juga pastinya dalam soal finansial. Pengalaman yang tidak terlupakan mulai dari keliling dunia secara gratis hingga mendapatkan bayaran dengan mata uang asing seperti halnya dollar. Namun tentunya, memiliki kesempatan tersebut tidak terlepas dari sebuah perjuangan yang luar biasa, baik secara tahapannya maupun dalam kemampuan atau skill serta pengetahuannya.
Mempersiapkan diri untuk bekerja di kapal pesiar
Persiapan merupakan hal yang paling penting sebelum melakukan apa pun, termasuk jika memiliki impian untuk bekerja di kapal pesiar. Tahap awal yang paling dasar adalah memasuki Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK khususnya di jurusan pariwisata atau jurusan perhotelan. Karena pada dasarnya, memasuki sekolah menengah kejuruan berarti telah siap untuk diterjunkan langsung ke dunia kerja. Mengapa demikian, karena SMK telah memberikan dasar-dasar dari skill yang sesuai dengan jurusan yang telah diambi, khususnya dalam bidang pariwisata dan juga perhotelan.
Hal ini tentunya akan lebih diperkuat lagi jika melanjutkan kembali ke jenjang perguruan yang lebih tinggi sebagai pemantapan dan penambah kemampuan serta pengetahuan yang didapatkan saat belajar di sekoalh menengah kejuruan sebelumnya.
Salah satu skill yang dibutuhkan dan juga yang paling diutamakan sebagai faktor pendukung dan juga faktor penentu saat akan melamar pekerjaan di bidang ini yaitu kemampuan dalam bahasa inggris, khususnya bahasa inggris aktif. Selain itu juga, memiliki kesehatan tubuh serta fisik yang kuat dan selalu dijaga. Mengapa demikian, karena bekerja di kapal pesiar sangat berat, lain halnya dengan bekerja di darat. Secara dua belas jam setiap harinya, merupakan kewajiban bagi para pekerja kapal pesiar. oleh karena itu, ketahanan tubuh yang prima merupakan faktor paling utama bagi para pelamar atau mereka yang ingin bekerja di kapal pesiar tersebut.
Hal-hal yang harus diperhatikan saat memasuki dunia pekerjaan di kapal pesiar
Sebelum melangkahkan kaki menuju pekerjaan di kapal pesiar, selain tentang hal pendidikan di lembaga-lembaga pelatihan, terdapat juga hal lainnya yang wajib untuk dilakukan secara pribadi khususnya, yaitu;
1.     Melakukan persiapan dengan dimulai dari menumbuhkan rasa percaya diri. Terutama jika telah lolos dalam setiap pelatihan dan akan melanjutkan ke jenjang melamar untuk mendapatkan pekerjaan di kapal pesiar tersebut.
2.     Selalu tepat waktu terutama saat akan melakukan wawancara merupakan cerminan bagi mereka terhadap diri kita nantinya saat akan bekerja.
3.     Memberikan kesan kesiapan dalam bergabung merupakan salah satu faktor penting agar nantinya tidak memberikan kesan adanya keraguan. Karena bekerja di kapal pesiar bukanlah pekerjaan ringan dan jauh dari kampung halaman. Sehingga keberanian juga adalah hal akan dilihat.
4.     Selalu berlatih, terutama dalam skill komunikasi bahasa internasional, yaitu bahasa inggris. Hal ini karena bidang pelayaran atau bekerja di kapal pesiar selalu memiliki kaitan yang erat dengan secara internasional.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin memasuki dunia pekerjaan di kapal pesiar selain memiliki pengalaman dalam pendidikan di lembaga pelatihan kapal pesiar.



6. training kapal pesiar
Mengetahui Informasi Tentang Bekerja di Atas Kapal Pesiar
Bekerja di atas kapal pesiar saat ini merupakan salah satu jenis dari pekerjaan yang sedang naik daun dan booming, tepatnya beberapa tahun belakangan sehingga banyak penyedia training kapal pesiar. Terutama di kalangan para hotelier, bekerja di atas kapal pesiar menjadi sebuah keinginan dan juga impian bagi sebagian orang. Salah satu alasannya tentu saja karena didasarkan secara materi yang didapatkan sangat menggiurkan.
Melakukan pekerjaan di kapal pesiar memiliki gaji yang tidak sedikit, bahkan terbilang cukup tinggi. Bahkan pembayarannya pun tidak dengan menggunakan mata uang rupiah, melainkan mata uang asing khususnya dollar. Gaji ini tentu saja sesuai dengan tingkatan pekerjaan yang dilakukan.
Selain soal gaji yang terbilang besar, bekerja di kapal pesiar juga memberikan pengalaman yang menyenangkan. Mengapa demikian, karena saat kapal berhenti atau singgah di suatu pelabuhan, maka secara langsung telah melakukan perjalanan keliling dunia secara gratis. Lebih dari itu, sambil melakukan keliling atau perjalanan ke berbagai kota-kota di negara asing, sambil mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang telah dilakukan di kapal pesiar. Sehingga bagi sebagian orang mungkin tidak ada salahnya berpikir bahwa jarang ada pekerjaan yang bisa membuat seseorang merasakan keliling dunia namun tidak mengeluarkan biaya perjalanan. Justru kebalikannya, yaitu memiliki gaji atau pendapatan yang besar.
Bekerja di atas kapal pesiar
Meningkatnya minat masyarakat, khususnya di kalangan paraanak muda untuk bekerja di kapal pesiar saat ini terkadang dapat dikatakan tidak di imbangi dengan informasi yang secara lengkap menjelaskan mengenai bagaimana dan juga seperti apa bekerja di atas kapal pesiar tersebut. Selebihnya juga mengenai kehidupan sehari-hari dari para awak kapal atau para pekerja yang mencari uang di atas kapal tersebut hingga kekurangan serta kelebihannya.
Akan tetapi, karena banyaknya masyarakat yang berminat sekaligus telah merasakanpengalaman bekerja di sana. Maka telah banyak juga informasi secara pengalaman dari para orang-orang yang pernah bekerja di kapal pesiar tersebut. Hal itulah yangkemauan membuat orang-orang tertarik dan juga ingin mengetahui dan mencari tahu lebih banyak dan lebih lengkap lagi mengenai bekerja di kapal pesiar tersebut meskipun cukup sulit.
Persiapan untuk bekerja di kapal pesiar
Untuk mengetahui beberapa informasi mengenai apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin bekerja di atas kapal pesiar, berikut beberapa di antaranya yang paling penting dan juga utama, mengingat pekerjaan ini memiliki sifat internasional. Sehingga hal standar dan juga persyaratan serta kualitasnya pun harus berada pada ukuran standar internasional. Yaitu;
1.     Skill atau kemampuan; merupakan faktor yang nantinya akan menentukan posisi pekerjaan yang akan didapatkan di atas kapal pesiar tersebut. Sehingga, jika seseorang ingin melakukan atau bekerja di kapal pesiar, mengikuti pelatihan atau pendidikan sangat dianjurkan sebelumnya terlebih dulu. Banyak agen terpercaya yang akan memberikan fasilitas untuk memberikan pelatihan sebagai penyalur tenaga kerja di kapal pesiar tersebut. Kurang lebih para calon pekerja tersebut akan didik dan dilatih dalam jangka waktu kurang lebih delapan bulan lamanya.
2.     Dokumen-dokumen; yang meliputi Paspor, Basic Safety Training (BST),Seaman Book atau Buku Pelaut.
3.     Keperluan lainnya; seperti halnya barang-barang yang harus dibawa. Beberapa barang seperti selimut dan juga handuk biasanya telah disediakan secara langsung di sana.

Itulah beberapa informasi mengenai pekerjaan di atas kapal pesiar. Beberapa hal penting seperti halnya dokumen-dokumen, khususnya buku pelaut akan lebih mudah didapatkan atau dibuat jika mengikuti training kapal pesiar terlebih dulu